Hakikat Manusia
PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA
PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA
Hakikat manusia adalah mahluk tuhan paling sempurna
Hakikat manusia adalah sebagai berikut ;
a. individu yang mmiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intlektual.
b. yang mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
c. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK (MANUSIA)
Psikologi adalah suatu ilmu yang menyelidiki serta mempelajari sikap tingkah laku atau aktivitas-aktivitas di mana sikap,tingkah laku atau aktivitas-aktivitas itu sebagai manifestasikan hidup kejiwaan.
Perkembangan merupakan suatu proses sosialisasi dalam bentuk iminitas yang berlangsung dengan adaptasi (penyesuaian) danseleksi.
Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia adalah ;
a. keturunan
b. lingkungan
c. manusia itu sendiri
Beberapa psikologi pada masa perkembangan ada fasenya ;
1. Aristoteles
2. Mantessori
3. Comenus
4. J.J Rousseau
Anak juga memiliki masa peka, yaitu suatu masa di mana suatu organ atau unsur psikologis anak mengalami perkembangan yang sebaik-baiknya.
Bagi seorang pendidik, mengetahui perkembangan anak diperlukan dalam membimbing anak sesuai dengan prkembangannya.
PERUNAHAN TINGKAH LAKU AKIBAT BELAJAR
Pengertian belajar dapat disiumpulkan sebagai berikut ;
a. Dengan belajar itu diharapkan tingkah laku seseorang akan berubah.
b. Denan belajar pengetahuan dan kecakapan seseorang akan bertambah.
c. Perubahan tingkah laku dan penambahann penetahuan ini di dapat lewat suatu usaha.
Factor-faktor yang mempengaruhi keberhasialan seseorang dalam belajar adalah;
a. anak yang belajar meliputi factor fisiologis dan psikologis.
b. Factor dari luar ;
1. Endogen;
a. fisiologis
b. psikologis
2. Eksogen ;
a. instrumental
b. lingkungan
pusat berlangsungnya pendidikan adalah ;
a. Keluarga
b. Sekolah
c. Masyarakat
Ciri-ciri keberhasilan pendidikan pada seseorang dapat terlihat pada ;
a. Mengerti benar akan tugasnya dengan baik dan didorong oleh rasa tanggung jawab yang kuat t erhadap dirinya terhadap tuhan.
b. Mampu mengadakan hubungan sosial dengan bekerja sama dengan orang lain
c. Mampu menghadapi segala perubahan dunia karena salah salah satu ciri kehidupan ialah perubahan
d. Sadar akan dirinya dan harga diriny sehingga tidak mudah memperjualbelikan dirinya kreatif
Peran pendidik dalam pengembangan kepribadian adalah menjadi jembatan penghubung atau media untuk mengakualisasikan potensi individu dalam menyelesaikan diri dengan lingkungannya .
Hakikat manusia adalah mahluk tuhan paling sempurna
Hakikat manusia adalah sebagai berikut ;
a. individu yang mmiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intlektual.
b. yang mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
c. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK (MANUSIA)
Psikologi adalah suatu ilmu yang menyelidiki serta mempelajari sikap tingkah laku atau aktivitas-aktivitas di mana sikap,tingkah laku atau aktivitas-aktivitas itu sebagai manifestasikan hidup kejiwaan.
Perkembangan merupakan suatu proses sosialisasi dalam bentuk iminitas yang berlangsung dengan adaptasi (penyesuaian) danseleksi.
Factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia adalah ;
a. keturunan
b. lingkungan
c. manusia itu sendiri
Beberapa psikologi pada masa perkembangan ada fasenya ;
1. Aristoteles
2. Mantessori
3. Comenus
4. J.J Rousseau
Anak juga memiliki masa peka, yaitu suatu masa di mana suatu organ atau unsur psikologis anak mengalami perkembangan yang sebaik-baiknya.
Bagi seorang pendidik, mengetahui perkembangan anak diperlukan dalam membimbing anak sesuai dengan prkembangannya.
PERUNAHAN TINGKAH LAKU AKIBAT BELAJAR
Pengertian belajar dapat disiumpulkan sebagai berikut ;
a. Dengan belajar itu diharapkan tingkah laku seseorang akan berubah.
b. Denan belajar pengetahuan dan kecakapan seseorang akan bertambah.
c. Perubahan tingkah laku dan penambahann penetahuan ini di dapat lewat suatu usaha.
Factor-faktor yang mempengaruhi keberhasialan seseorang dalam belajar adalah;
a. anak yang belajar meliputi factor fisiologis dan psikologis.
b. Factor dari luar ;
1. Endogen;
a. fisiologis
b. psikologis
2. Eksogen ;
a. instrumental
b. lingkungan
pusat berlangsungnya pendidikan adalah ;
a. Keluarga
b. Sekolah
c. Masyarakat
Ciri-ciri keberhasilan pendidikan pada seseorang dapat terlihat pada ;
a. Mengerti benar akan tugasnya dengan baik dan didorong oleh rasa tanggung jawab yang kuat t erhadap dirinya terhadap tuhan.
b. Mampu mengadakan hubungan sosial dengan bekerja sama dengan orang lain
c. Mampu menghadapi segala perubahan dunia karena salah salah satu ciri kehidupan ialah perubahan
d. Sadar akan dirinya dan harga diriny sehingga tidak mudah memperjualbelikan dirinya kreatif
Peran pendidik dalam pengembangan kepribadian adalah menjadi jembatan penghubung atau media untuk mengakualisasikan potensi individu dalam menyelesaikan diri dengan lingkungannya .
opini saya :
Hakikat manusia menurut pendapat saya adalah mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai suatu kesatuan dan juga mahluk tuhan yang paling sempurna di bandingkan mahluk tuhan yang lainnya. karena pada dasarnya manusia diberi akal,perasaan, dan kehendak yang terdapat di dalam jiwa manusia.
Thanks info nya.
BalasHapusZN
http://www.trainingauditor.co.id
Thanks info nya.
BalasHapusZN
http://www.trainingauditor.co.id