Perilaku Konsumen
Perilaku Konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan dalam
mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka
anggap memuaskan kebutuhan mereka.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
antara lain adalah :
Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul
W-miniard dalam Saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhi, yaitu :
·
Pengaruh Konsumen,
terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama
perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau
menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen
hidup dalam lingkungan yang komplek, dimana perilaku keputusan mereka
dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
·
Perbedaan dan
pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap,
kepribadian, gaya hidup dan demografi. Perbedaan individu merupakan faktor
internal yang menggerakan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut
akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam keputusannya.
·
Proses psikologis,
terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap, dan perilaku.
Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai
faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian.
Pemikiran yang Benar
tentang Konsumen
1.
Konsumen adalah
Raja.
2.
Motivasi dan
perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian.
3.
Perilaku konsumen
dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif.
4.
Bujukkan dan
pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial.
Bila keempat
premis ini tidak dipakai, maka konsekuensinya hampir selalu negatif.
Penelitian Konsumen
sebagai Suatu Bidang yang dinamis
Dalam kegitan ekonomi tentu kita sering mengenal kata konsumen. Konsumen mempunyai keputusan untuk memiliki barang yang hendak dibeli. Dalam perilaku konsumen kita dapat mengetahui bagaimana cara konsumen memilih barang yang menjadi pilihan konsumen.
Penelitian Konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis yakni bahwa konsumen memiliki sifat berbeda-beda. Bahkan seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghasilkan barang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar